moniczflo

Komunisme

Posted on: December 16, 2010

Tugas Mata Kuliah

PENGANTAR ILMU POLITIK

“ KOMUNISME “

 

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh :

Elysia Isti Ayu ( 1423010002 )

Monica Florencia ( 1423010001 )

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Surabaya

2010 / 2011

KOMUNISME

  • Komunisme adalah sebuah ideologi, yang menganggap kaum buruh dan pekerja tani hanyalah bagian dari kegiatan produksi. Penganut faham inni berasal dari The Communist Manifesto yang ditulis Karl Marx dan Friedrich Engels, diterbitkan pertama kali tanggal 21 Februari 1848. Dimana teori mengenai komunis merupakan sebuah analisis pendekatan kepada perjuangan kelas ( sejarah dan masa kini ) dan ekonomi kesejahteraan yang kemudian menjadi salah satu gerakan paling berpengaruh dalam dunia politik.
  • Pada awal kelahirannya, komunisme adalah sebuah koreksi terhadap faham kapitalisme pada awal abad ke – 19an, dalam suasana yang menganggap kaum buruh dan tani hanya bagian dari produksi.
  • Perubahan sosial dalam komunisme dimulai dari kaum buruh atau proletar yang ditandai dengan pengambil alihan alat – alat produksi melalui Partai Komunis. Karena pengorganisasian buuruh hanya berhasil melalui perjuangan partai dan partai membutuhkan peran politbiro sebagai think – tank. Dalam arti, perubahan sosial berhasil karena dicetuskan oleh politbiro. Hal inilah yang menyebabkan, komunisme menjadi “ tumpul “ dan tidak diminati lagi karena korupsi yang dilakukan oleh pemimpinnya.
  • Komunis internasional sebagai teori ideologi mulai diterapkan dan disebarluaskan, setelah meletusnya Revolusi Bolshevik, tanggal 7 November 1917 di Rusia. Pada tahun 2005, Negara – Negara yang masih menganut paham komunis adalah Tiongkok, Vietnam, Kuba, Laos dan Korea Utara. Teori komunis internasional disebutkan oleh Karl Marx.
  • Berbeda dengan Tiongkok yang menganut paham Maoisme, dimana kaum petani lebih diperjuangkan karena, kondisi khusus Tiongkok dimana kaum buruh dianggap bagian tak terpisahkan dari Kapitalisme.

INDONESIA DAN KOMUNISME

Komunisme di Indonesia memiliki sejarah yang kelam, kelahirannya di Indonesia tak jauh dengan hadirnya para orang – orang buangan dari Belanda ke Indonesia dan mahasiswa – mahasiswa jebolannya yang beraliran kiri. Mereka diantaranya Sneevliet, Bregsma, dan Tan Malaka ( yang terakhir masuk setelah Sarekat Islam terbentuk ). Alasan kaum pribumi yang mengikuti aliran tersebut dikarenakan tindakan – tindakan yang melawan kaum kapitalis dan Pemerintahan,  selain itu iming – iming propaganda PKI juga menarik perhatian mereka. Kelahiran PKI pada tahun 1920an.

Gerakan Komunis di Indonesia diawali di Surabaya, dalam diskusi intern para pekerja buruh kereta api Surabaya yang dikenal dengan nama VSTP. Awalnya VSTP hanya berisikan anggota orang Eropa dan Indo Eropa saja. Namun, berkembangnya waktu, kaum pribumi ikut di dalamnya. Salah satu anggota yang menjadi besar adalah Semaoen yang kemudian menjadi ketua Sarekat Islam Semarang. Komunisme Indonesia mulai aktif di Semarang. Hadirnya PKI dan kaum pribumi berhalauan kiri ke dalam Sarekat Islam menjadikan komunis sebagian ideologinya karena hak otonomi yang diciptakan Pemerintah Hindia Belanda atas organisasi lepas menjadi salah satu ancaman bagi pemerintah. PKI menjadi salah satu organisasi yang bertanggung jawab atas banyaknya pemogokan buruh di Jawa. konflik dengan Sarekat Islam Pusat di Yogyakarta membuat personil organisasi keluar dari keanggotaan Sarekat Islam, setelah disiplin partai atas usulan Haji Agus Salim disahkan oleh pusat Sarekat Islam. Awal kehancuran PKI bermula dengan adanya Persetujuan Prambanan yang memutuskan akan ada pemberontakan besar – besaran diseluruh Hindia Belanda. Pemberontakan itu terjadi pada tahun 1926 – 1927 yang berakhir dengan kehancuran PKI dengan mudah oleh Pemerintah Hindia Belanda. Namun PKI berhasil bangkit kembali sampai akhirnya terjadi pemberontakan G30S / PKI yang menewaskan ribuan orang dan PKI dianggap sebagai dalangnya. Sejak itu PKI tidak lagi memiliki tempat lagi di hati masyarakat Indonesia.

APAKAH KOMUNISME TELAH MATI ??

  • Banyak orang mengira, komunis telah ‘ mmati ‘ dengan bubarnya Uni Soviet tahun 1991, yang diawali dengan keputusan Presiden Mikhail Gorbachev. Komunisme yang murni tidak akan pernah terwujud sebelum revolusi lahir dalm bentuk sosialisme.
  • Walaupun komunis sosialis hamper punah, partai komunis tetap ada diseluruh dunia dan aktif memperjuangkan hak buruh, pelajar, dan anti – imperialisme.
  • Menurut Anthony Giddens, komunisme sebenarnya belum mati. Karena ia akan menjadi hantu yang ingin melenyapkan kapitalisme.
  • Dibanyak Negara, komunis berubah bentuk menjadi oposisi terhadap pemerintah yang berkuasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Categories

%d bloggers like this: